Senin, Juni 13, 2011

Cekungan Sumatera Selatan

0 komentar

Secara fisiografis Cekungan Sumatera Selatan merupakan cekungan Tersier berarah barat laut – tenggara, yang dibatasi Sesar Semangko dan Bukit Barisan di sebelah barat daya, Paparan Sunda di sebelah timur laut, Tinggian Lampung di sebelah tenggara yang memisahkan cekungan tersebut dengan Cekungan Sunda, serta Pegunungan Dua Belas dan Pegunungan Tiga Puluh di sebelah barat laut yang memisahkan Cekungan Sumatra Selatan dengan Cekungan Sumatera Tengah.

Cekungan Sumatera Selatan adalah cekungan busur belakang (Back Arc Basin), terbentuk akibat adanya interaksi antara paparan sunda (sebagai bagian dari lempeng kontinen Asia) dan lempeng Samudra India dan berkembang selama Neogen, dialasi batuan dasar berumur Pra-Tersier. 

Pada umumnya, Cekungan Sumatera Selatan ini terbagi menjadi Sub- Cekungan Jambi dan Sub-Cekungan Palembang. Sub-Cekungan Palembang dibagi menjadi Sub-Cekungan Palembang Utara, Sub-Cekungan Palembang Tengah, dan Sub-Cekungan Palembang Selatan. Sub-Cekungan Jambi memiliki arah timurlaut (NE)-barat baratdaya (SW), sedangkan Sub-Cekungan Palembang berarah baratlaut (NNW)-tenggara (SSE). Sub-sub cekungan tersebut sebagian besar dibatasi oleh sesar-sesar utama yang memiliki akar yang dalam dan berhubungan langsung dengan batuan dasar. Sesar yang paling menonjol adalah sesar Lematang dan sesar Muaratembesi.


untuk bacaan selengkapnya, silahkan download di sini 

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan Lupa Komentarnya Ya..
apa aja deh, buat blog saya lebih baik lagi..

kalau sahabat merasa tulisan ini akan bermanfaat bagi sahabat yang lainnya, silahkan dishare...
Makasih ya atas kunjungannya, Jazakallahu Khair..